Citayam Dalam Cara Pandang

Cara pandang dari kata ‘jauh amat’ untuk Kota Citayam

Oleh: Diana Sihotang

sosokCITAYAM – Seringkali jawaban kalimat spontan ‘jauh amat’ terdengar telinga ketika penduduk Citayam mengatakan dimana tempat tinggal mereka dan memberitahukan dimana letak keberadaan Kota Citayam. Kalimat sama pun saya keluarkan sepuluh tahun lalu. Tak ada bedanya denganku!

Kalimat jawaban cepat ‘jauh amat’ tersebut dilontarkan oleh banyak orang khususnya warga masyakat ibukota yang notabene memang mereka tinggal di Kota Jakarta tetapi tak kalah hebatnya juga jika kalimat tersebut bisa diucapkan dan dikeluarkan oleh mereka yang beraktivitas di Pusat Kota Jakarta dan mereka bertempat tinggal di luar Kota Jakarta seperti Tangerang dan Bekasi.

Makna kata jauh dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah panjang antaranya, ada jarak, atau tidak dekat. Jika sudah ada kata jarak maka dapat dipastikan bahwa kata tersebut berhubungan erat dengan waktu. Sekarang mari kita ambil satu contoh perbandingan waktu tempuh yang diperlukan oleh satu penduduk Kota Tangerang, satu penduduk Kota Bekasi, dan satu orang penduduk Kota Citayam dimana mereka sama-sama beraktivitas di sebuah perusahaan yang berlokasi di Jl. Sudirman, Jakarta.

Pertanyaannya adalah berapa lama waktu tempuh yang diperlukan bagi setiap penduduk dari kota-kota tersebut agar bisa tiba di Jl. Sudirman, Jakarta?

Mungkin Anda bisa tidak percaya jika satu penduduk Kota Citayam hanya membutuhkan waktu paling lama 60 menit saja agar bisa tiba di Jl. Sudirman, Jakarta!

Berat akan menjadi lebih berat dan pemikiran jauh akan menjadi lebih jauh jika kita memandangnya sangat jauh tetapi kata tunjuk jauh amat’ harus bisa kita rubah menjadi kata tunjuk ‘dekat amat’. Kata-kata tersebut dapat berubah tergantung darimana dan bagaimana cara kita memandang dan wujud perubahannya dapat terlihat nyata jika kita mau merubah pola fikir dengan cara pandang yang lebih sederhana. Begitu pula dengan jarak jauh Kota Citayam.

Masihkah Anda berfikir dan mengatakan bahwa Kota Citayam ‘jauh amat’? (~ds)

One response to “Citayam Dalam Cara Pandang

  1. Citayam..Asri..dan jelas bebas banjir khan…

Enter your comment here...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s